Bagaimana Cara Membuat Anchor Text Itu?

Bagaimana Cara Membuat Anchor Text Itu?

Anchor text adalah text yang berisi tautan atau link yang bisa diklik. Fungsi dari anchor text ini adalah untuk informasi ke pengguna dan mesin pencari tentang tautan atau acuan website yang dilampirkan. Lalu, bagaimana cara membuat anchor text itu?

Pada dasarnya ada 2 cara yaitu manual dan block text. Cara membuat anchor text yang paling banyak digunakan adalah dengan block text karena lebih mudah. Anda hanya perlu memblok atau menyeleksi kata atau gambar yang akan dijadikan anchor text lalu klik gambar rantai di tool bar dan paste linknya lalu enter.

Bagaimana Cara Membuat Anchor Text Itu?
Bagaimana Cara Membuat Anchor Text Itu?

Sedangkan dengan cara manual, Anda harus menulisnya atau membuatnya tergantung dari jenis anchor text yang akan Anda gunakan. Beberapa diantaranya adalah:

  • Branded Anchor Text

Jenis anchor text ini menyebutkan nama brandnya langsung, misalnya Fudi Club. Penulisannya adalah <a href=”https://fudiclub.net”>Fudi Club</a>.

  • Generic Anchor Text

Penulisan untuk jenis anchor text ini menggunakan kata yang mengajak atau menggambarkan suatu tindakan seperti klik di sini. penulisannya yaitu <a href=”https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi/”>Klik di Sini</a>.

  • Exact Match Anchor Text

Jenis link ini merupakan link yang menggunakan kata kunci yang sama persis dengan kata link yang digunakan. Misalnya untuk anchor text desain website terbaik, penulisan anchor text-nya yaitu <a href=” https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi/”>desain website terbaik</a>.

  • Partial-Match Anchor Text

Jenis anchor text ini memodifikasi kata kunci namun tetap menggunakan kata kunci tersebut sebagai anchor text. Contohnya <a href=”https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi/”>desain website terbaik untuk inspirasi rumah anda</a>.

  • Naked Link Anchor Text

Anchor link jenis ini menggunakan jenis anchor text yang sama persis dengan linknya. Contohnya <a href=”https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi/”> https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi </a>.

  • Image Anchor Text

Sesuai dengan namanya, jenis anchor text ini digunakan di gambar, penulisannya adalah <a href=”https://fudiclub.net/5-desain-website-terbaik-dan-bisa-buat-anda-terinspirasi/”>no text</a>.

Perhatikan ini Saat Buat Anchor Text

Setelah Anda mengetahui cara membuat sebuah anchor text, maka jangan lupa untuk memperhatikan hal berikut ini:

  1. Pastikan jika anchor text tersebut relevan dengan link tautan yang Anda gunakan. Jika tidak, maka pengunjung yang mengklik anchor text tersebut akan langsung menutup tautan. Jika ini dilakukan secara terus menerus, Anda tentu akan memiliki bounce rate yang tinggi dan ini tidak bagus untuk kualitas website Anda.
  2. Gunakan anchor text yang efisien misalnya  hanya dengan 2 kata. Buat anchor text sesingkat mungkin namun tetap menggambarkan link yang menjadi tujuan dari anchor text tersebut.
  3. Gunakan anchor text yang bervariasi karena jika digunakan berulang-ulang, akan dianggap tidak wajar oleh Google dan Anda dianggap mencurangi sistem.

Itulah cara membuat anchor text yang perlu Anda ketahui. Baik menggunakan cara manual atau block text, Anda tetap harus memperhatikan pengaplikasian anchor text agar optimasi berjalan dengan baik.