Cara Membuat Website dengan Html: Belajar Singkat Tag dan Atribut!

Cara Membuat Website dengan Html: Belajar Singkat Tag dan Atribut!

HTML banyak digunakan untuk membuat website. biasanya, penggunaan HTML ini dikombinasikan dengan CSS ataupun PHP. Jika Anda sudah mengerti bahasa pemrograman tersebut, tentu akan lebih mudah saat melakukan cara membuat website dengan HTML. Namun, jika Anda belum bisa, ada baiknya Anda mengenal lebih dekat seputar bahasa pemrograman ini.

Persiapan

Sebelum mulai belajar cara membuat website dengan menggunakan HTML, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Komputer atau laptop. Untuk dasar, pastikan komputer Anda tidak mudah hang agar proses belajar Anda tidak terganggu.
  2. Siapkan text editor misalnya Notepad ++ untuk mengelola kode HTML.
  3. Siapkan browser misalnya Chrome.

Pahami Elemen, Attribut dan Tag HTML

Anda harus tahu terlebih dahulu elemen pada HTML. Mulai dari tag pembuka, konten, atribut agar Anda lebih mudah untuk melakukan cara membuat website dengan HTML. Misalnya <p> contoh </>. <p> merupakan tag pembuka dan </p> merupakan tag penutup. Sedangkan kata ‘contoh’ merupakan kontennya.

Hal yang perlu Anda garis bawahi. Jika ada tag pembuka pasti ada tag penutup. Agar lebih mudahnya, setelah Anda membuat tag pembuka, langsung saja buat tag penutupnya sehingga tidak lupa dan menyebabkan program error.

Cara Membuat Website dengan Html: Belajar Singkat Tag dan Atribut!
Cara Membuat Website dengan Html: Belajar Singkat Tag dan Atribut!

Jika Anda masih membuat program sederhana, kesalahan seperti tidak adanya tag penutup akan mudah dicari. Namun, bila programnya sudah sangat banyak bahkan mencapai 1000 baris, akan sangat susah untuk mencari kesalahan atau errornya. Misalnya:

<html>

 

</html>

Lalu bagaimana dengan heading dan subjudul?. Untuk ini, Anda bisa menggunakan elemen seperti h1, h2, h3, h4, h5, h6. ‘h’ ini sendiri merupakan singkatan dari heading. Semakin kecil h, maka ukurannya akan semakin besar. Jadi ukuran huruf h1, akan lebih besar dari h6. Contoh untuk penulisan kodenya adalah <h2> contoh </h2>.

Sedangkan untuk enter, misalnya untuk ke baris baru, selalu gunakan <br/>. Jadi Anda bisa menuliskannya seperti berikut:

<h2> coba </h2>

<br/>

<h2> coba </h2>

Maka hasilnya akan seperti berikut :

coba

coba

setelah tag, Anda juga harus mempelajari mengenai attribute. Attribute ini berfungsi untuk memberitahukan ke browser tentang apa yang akan dituliskan. Misalnya <p class =”contoh”> contoh</p>. nilai attribute ini diapit oleh tanda petik. Sedangkan jika menulis lebih dari 1 atribut, maka diberi jarak spasi.

Misalnya: <p>berikut <a href=”https://domainanda.com/” titte=”halaman utama” target=”_blank”> mantab </a> </p>.

Artinya adalah:

  1. <a> untuk memberikan batasan hyperlink untuk attribute yang ada di dalamnya.
  2. Href: attribute untuk alamat website. jadi ketika diklik akan diarahkan ke website tersebut. Dalam hal ini adalah https://domainanda.com/.
  3. Tittle: atribut untuk informasi tautan saat kursor diarahkan ke tautan.
  4. Target: attribute untuk memberitahu ke browser jika tautan yang tersemat tersebut ketika di klik akan langsung membuka ke tab yang baru. Jika target tidak ada maka tautan di buka di halaman yang sama.

Itulah informasi singkat tentang cara membuat website dengan HTML tepatnya seputar tag dan attribute. Semoga informasi ini dapat membantu Anda ya.