Cara Mudah dan Tepat Menulis Daftar Pustaka Jurnal

Cara Mudah dan Tepat Menulis Daftar Pustaka Jurnal

Jurnal menjadi salah satu sumber atau referensi yang biasa digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Penulisan daftar pustaka jurnal juga harus diperhatikan karena ada beberapa aturan yang berbeda dari daftar pustaka buku. Berikut adalah cara mudah dan tepat menulis daftar pustaka dari sumber jurnal.

  1. Urutan Penulisan

Urutan penulisan daftar pustaka dari jurnal sebenarnya hampir sama dengan daftar pustaka dari buku. Urutannya adalah nama penulis, tahun, judul jurnal, nama jurnal, volume dan nomor jurnal. Urutan penulisan daftar pustaka untuk jurnal ini harus dipatuhi dan tidak boleh dibolak-balik.

  1. Penulisan Nama Penulis

Aturan penulisan nama penulis pada daftar pustaka dari jurnal juga sama seperti daftar pustaka dari buku. Nama penulis ditulis terbalik dengan nama belakang disebutkan lebih dahulu. Jika penulis lebih dari satu maka nama yang dibalik hanya nama penulis pertama dan nama penulis berikutnya dituliskan biasa.

  1. Penulisan Judul dan Nama Jurnal

Judul jurnal tidak perlu dituliskan dengan huruf bercetak miring. Jika untuk daftar pustaka dari buku, judul wajib dicetak miring. Pada daftar pustaka dari jurnal, bagian yang dicetak miring adalah nama jurnalnya. Anda harus bisa membedakan mana yang judul jurnal dan mana yang merupakan nama jurnal.

  1. Penulisan Volume dan Nomor Jurnal

Setiap jurnal termuat dalam nama jurnal dengan volume tertentu. Selain itu setiap jurnal juga memiliki nomor. Anda harus mencantumkan volume dan nomor jurnal dalam daftar pustaka. Aturan penulisannya adalah volume kemudian nomor jurnal lalu sertakan juga halaman jurnal yang Anda gunakan sebagai referensi.

  1. Link URL

Jurnal sebagai referensi juga dapat diakses secara online. Apabila jurnal diakses secara online maka Anda perlu mencantumkan link URL tempat Anda mengakses jurnal tersebut. Selain itu Anda juga wajib mencantumkan tanggal mengakses jurnal tersebut. Link URL ini bisa dituliskan setelah penulisan volume dan nomor jurnal.

Itulah tadi beberapa aturan penulisan daftar pustaka jurnal. Pastikan Anda memeriksa dengan teliti agar tidak ada kesalahan dalam menulis daftar pustaka. Penulisan daftar pustaka yang tepat akan mempermudah orang lain untuk menelusuri sumber yang Anda gunakan dalam menyusun karya ilmiah.