DIY Background Foto Studio Keren

DIY Background Foto Studio Keren

Untuk mendapatkan foto yang keren, maka peralatan dan perlengkapan yang mendukung menjadi nilai tambah. Sayangnya, tidak semua bisa melakukan foto di studio. Namun, Anda bisa membuat background foto studio keren sendiri lho.

Sebelum membuat background foto tersebut, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis studio yang ingin dibangun. Apakah untuk produk atau untuk modeling.

Kenapa berbeda? Karena untuk produk, Anda bisa membuat background yang lebih kecil. Sedangkan untuk studio model, tentu Anda harus menyediakan background yang lebih besar.

Studio Foto Produk

Untuk studio foto produk, khususnya untuk produk berukuran kecil, Anda bisa menyediakan karton dan kardus untuk perlengkapan utamanya. Setelah itu lakukan cara berikut.

  • Siapkan perlengkapannya yaitu kardus, kain putih atau kertas HVS putih, karton, cutter, gunting, pensil, penggaris dan lem.
  • Lubangin bagian depan, dan belakang kardus dengan ukuran yang besar. Jadi, yang tidak berlubang hanya bagian yang akan dijadikan background dan bagian alas studio mini.
  • Tutup lubang di sebelah kanan dan kiri menggunakan kain putih atau HVS. Pilih saja kertas yang tipis agar cahaya dari lampu bisa menembus studio mini tersebut.
  • Untuk background, pasang kertas putih panjang atau kain panjang pada bagian dalam studio.
  • Setelah selesai, Anda bisa menambahkan lampu duduk atau lampu meja di sebelah kanan kiri ataupun atas dari studio tersebut. Sesuaikan terang redupnya lampu berdasarkan pada kebutuhan Anda.
DIY Background Foto Studio Keren
DIY Background Foto Studio Keren

Studio Foto Model

Untuk background foto studio keren, setidaknya Anda harus menyiapkan background minimal setinggi tubuh manusia. Jika pun tidak ada, ada baiknya Anda menggunakan ruangan dengan cat putih agar bisa memantulkan cahaya dengan baik.

Background putih juga bisa Anda gunakan untuk konten di media sosial misalnya terkait etika sosial media yang baik. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menambahkan backdrop khusus. Backdrop tersebut bisa dipasang menggunakan tiang ataupun tembok.

Jangan lupa untuk menyiapkan lighting dan tempatkan di studio Anda. misalnya di bagian samping ataupun atas. Untuk pencahayaan bisa ANda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sedangkan untuk reflector, Anda bisa mencoba membuat dari alumunium foil.

Agar tampilan studio foto Anda semakin keren, tambahkan aksesoris dan tutup jendela atau ventilasi. Untuk jendela dan ventilasi, cahaya luar yang masuk ke studio akan mempengaruhi pencahayaan yang Anda pergunakan, Bisa jadi akan memberikan hasil yang lebih baik namun bisa juga tidak dan memperburuk hasil foto.

Untuk perlengkapan seperti aksesoris, digunakan agar foto menjadi lebih menarik dan model bisa berekspresi. Misalnya kursi untuk duduk, buket bunga ataupun yang lainnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan foto yang lebih bervariasi.

Dengan cara background foto studio keren tersebut, Anda tidak perlu bingung membangun studio foto terlalu besar. Khususnya ketika Anda sedang memiliki budget yang sedikit. Semoga cara ini bermanfaat dan bisa membantu Anda ya.