Dobrak Omset Anda Dengan Meningkatkan Kualitas Cara Jual Sales

Banyak yang mengatakan bahwa angka penjualan menjadi faktor utama kemajuan bisnis. Jika angka penjualan tinggi maka keberlangsungan suatu perusahaan akan semakin lama. Hal ini juga sedikit banyak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Konsumen menjadi penentu kecocokan antara strategi penjualan dengan produk yang ditawarkan. Banyak sekali bisnis yang akhirnya memilih untuk melakukan trial and error dalam menjual produk yang dimiliki. Ada juga yang meniru bisnis lain yang sudah berhasil tanpa banyak analisa terlebih dahulu.

Tentunya kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika saat mencoba ternyata berhasil, mungkin strategi tersebut cukup cocok dilakukan. Akan tetapi dengan melakukan banyak peningkatan kualitas dan riset akan lebih banyak mencegah terjadinya kegagalan yang mengakibatkan kerugian pada sistem penjualan. 

Salah satu cara untuk dapat melakukan peningkatan penjualan yaitu dengan mengikuti pelatihan sales. Pelatihan sales yang tepat tidak hanya akan memberi hasil yang optimal, tetapi juga memberikan dampak kepada tim sales itu sendiri untuk mampu mengembangkan strategi tanpa khawatir dengan berbagai hambatan. 

Apa saja hal yang perlu dipelajari untuk meningkatkan kualitas berjualan? Simak penjelasan berikut.

Analisa Sales

Sebelum menentukan teknik dalam melakukan penjualan, seorang sales harus mampu menganalisa. Analisa yang dilakukan dapat berfokus pada permasalahan yang terjadi sebelumnya, seperti faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam menjual produk.

Jika sudah menemukan faktor yang menjadi potensi hambatan dalam melakukan penjualan, maka selanjutnya sales dapat merumuskan teknik apa saja yang dapat diperbaiki selanjutnya. Dengan begitu, proses percobaan akan dilakukan tapi sudah dengan perhitungan yang matang dan antisipasi di segala sisi.

Kenali konsumen

Produk yang ditawarkan sudah pasti memiliki tujuan dan manfaat yang akan ditawarkan kepada konsumen. Hal ini dapat menjadi salah satu poin penting dalam menentukan tipe konsumen yang akan menjadi sasaran penjualan.

Jika sudah mengetahui sasaran konsumen, mulailah kenali perilaku dan karakter konsumen tersebut. Penilaian konsumen dapat dilakukan dua arah, yaitu dari penilaian oleh seorang sales maupun dari perilaku konsumen itu sendiri. Oleh karena itu penting sekali mengenali konsumen agar sesuai dengan tujuan penjualan.

Closing yang Tepat

Setelah mengetahui karakter konsumen dan respon konsumen terhadap produk yang ditawarkan, hal penting yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana cara closing yang tepat. Closing merupakan langkah penentu apakah produk berhasil dibeli atau belum cukup meyakinkan untuk dibeli.

Terdapat beragam teknik closing tergantung dari jenis produk dan tipe konsumen yang dihadapi. Untuk mengetahui teknik closing yang tepat, Anda dapat berkonsultasi pada Coach Tom di pelatihan sales yang tersedia. 

Coach Tom MC Ifle tidak hanya menyediakan pelatihan sales, tetapi juga seluruh rangkaian pelatihan bisnis. Anda dapat mengikuti materi webinar, free course maupun premium course selengkapnya pada course.tommcifle.com. Segera daftarkan diri Anda pada pelatihan sales Coach Tom untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda!