Etika Sosial Media Dalam Islam Yang Perlu Diketahui Oleh Umat Muslim

Sosial Media Dalam Islam

Apakah sosial media dalam Islam memiliki pandangan yang buruk atau baik? Mungkin ini menjadi salah satu pertanyaan yang harus dipertanyakan, apalagi anda sudah sering dengan menggunakan sosial media. Secara umum, sosial media merupakan sebuah media online yang menawarkan hal-hal terbaik sehingga kita bisa menghiburkan diri melalui sosial media.

Namun, apakah ini bisa berdampak pada hal-hal yang buruk jika kita menggunakan sosial media? Nah, jika anda ingin mencari tahu jawabannya seperti apa, maka ketahuilah etika sosial media dalam pandangan Islam. Untuk pembahasan yang lebih lengkap dan jelas lagi, anda dapat melihatnya ulasan demi ulasan yang sudah disediakan oleh kami seperti berikut ini.

Etika Islam Dalam Bersosial Media

Bagaimana etika sosial media dalam Islam? Pada umumnya, untuk menggunakan sosial media nyaris sama seperti etika dari kehidupan nyata, yakni seseorang berakhlak yang baik, misalnya cara memberi maupun menerima hingga membagikan hal-hal baik pada sesama manusia dengan tujuan untuk menjadi hamba Allah bertakwa. Nah, dibawah ini adalah batasan-batasan yang perlu diketahui oleh anda, karena ini menurut dari para ulama yang berhubungan dengan sosial media. Berikut ulasannya.

  • Pertama, tak meninggalkan suatu yang sudah diwajibkan atau diharuskan oleh syariat.
  • Kedua, tak terjerumus kedalam hal-hal yang dilarang oleh agama atau haram. Misalnya, melazimi sesuatu yang sudah di syariatkan sehingga tidak terjerumus kedalam dosa namimah, ghibah serta membuat aib seseorang dan lain sebagainya.
  • Ketiga, memanage waktu sehingga tidak terbuang dengan sia-sia hal-hal yang bermanfaat untuk rohani kita.
  • Keempat, mematuhi undang-undang yang mengenai teknologi.

Tidak hanya sampai keempat saja yang perlu diperhatikan oleh anda, adapun beberapa hal yang harus dihindari oleh umat islam mengenai sosial media, seperti memfitnah, menyebarkan berita hoax, menyebarkan hal-hal yang mengenai perjudian serta menyebarkan hal-hal yang mengenai aib maupun bergosip tentang seseorang dan lain sebagainya yang harus dihindari oleh anda.

Apakah Sosial Media berdampak Buruk Dalam Pandangan Islam?

Jadi, apakah sosial media dalam Islam memiliki dampak yang buruk? Islam bukanlah agama yang akan menutup diri tentang kemajuan dari teknologi. Namun, Islam hanya saja memberi batasan-batasan untuk sesuatu hal. Dalam hal ini, akan bertujuan agar para umat muslim bisa bertahan pada rambu-rambu yang sudah ditetapkan oleh Islam. Bagi anda yang merupakan umat Islam, perhatikanlah dengan beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas.

Gunakanlah jenis sosial media yang baik, seperti berikut ini jenis media sosial terbaik. Dari pembahasan yang sudah dijelaskan diatas, dimana kita bisa simpulkan kalau sosial media bukanlah menjadi hal yang berdampak buruk pada pandangan Islam. Hanya saja ini tergantung dari bagaimana anda menggunakan sosial media tersebut, apakah anda menggunakannya dengan baik dan benar atau anda menggunakannya untuk hal-hal yang buruk dan negatif.