Menulis Bagi Pemula? Apa Saja yang Perlu Disiapkan

Menulis bagi pemula mungkin adalah kegiatan yang cukup merepotkan. Apalagi sebelumnya tidak pernah bersinggungan dengan dunia tulis menulis. Tentu ketika akan mencobanya akan ada banyak alasan untuk membatalkan niat tersebut. Ini sangat umum dialami oleh kebanyakan orang ketika baru pertama kali menulis.

Namun, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diingat bahwa kegiatan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Apalagi bagi sebagian orang, membuat cerita dalam secarik kertas adalah salah satu bentuk melepaskan emosi. Mungkin hasilnya berbeda-beda tergantung kebiasaan. Ada puisi, cerpen, hingga artikel biasa.

Lalu apakah Anda pernah memiliki niatan untuk mencoba kegiatan ini? Meskipun masih pemula namun tidak ada salahnya mencoba. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Tujuannya supaya ketika mulai menceritakan isi hati, tulisan bisa nyambung satu sama lain.

Banyak Baca Tulisan Lain

Banyak orang yang mengatakan bahwa langkah paling awal ketika ingin menulis adalah membaca tulisan orang lain. Biasanya dari sana Anda bisa mendapatkan berbagai inspirasi menulis, baik itu tulisan populer atau ilmiah. Apalagi saat ini sudah ada banyak sekali tulisan yang bisa dibaca sebagai sumber referensi.

Membaca banyak tulisan orang lain sangat berguna untuk menulis bagi pemula. Jika Anda suka terhadap satu buku misalnya, jadikan itu sebagai bahan tambahan mengasah tulisan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu sedikit demi sedikit demi mencoba hal baru yang ternyata menyenangkan bukan?

Tantangan 30 Hari Menulis

Membaca buku saja tanpa ada praktek akan sia-sia saja bukan? Karena itu Anda juga perlu mencobanya secara langsung. Salah satunya adalah menantang diri sendiri menuliskan apa saja selama 30 hari. Misalnya hari pertama menulis kejadian unik sepanjang hari dan seterusnya sampai 30 hari.

Anda juga bisa menantang diri sendiri untuk menjadi seorang penulis artikel di perusahaan penyedia jasa. Mencoba mengikuti lomba menulis yang banyak beredar di media sosial. Intinya adalah selama 30 hari Anda harus menulis apa saja setiap hari untuk melatih kebiasaan menarik ini.

Niat dan Ketekunan

Seorang penulis harus memiliki dua hal ini, yaitu niat dan ketekunan. Menulis bagi pemula memang tidak jarang mengalami distract dari berbagai hal. Bisa terganggu karena ingin segera melihat notifikasi pada HP, rasa capek dan lelah, atau sebagainya.

Tetapkan niat terlebih dahulu supaya selama proses menggoreskan pena pada kertas bisa selalu konsisten. Memang terlihat remeh namun hobi ini perlu dipertahankan. Memiliki banyak manfaat bagi diri Anda sendiri. Bahkan bisa membuat Anda menjadi orang yang dicari karena tulisan.

Meskipun sulit, bukan berarti kegiatan seperti ini mustahil dilakukan. Faktanya ada banyak sekali jenis jenis tulisan dari penulis terkenal yang dulunya juga mengalami masalah seperti Anda. Takut memulai adalah alasan mengapa tidak pernah berhasil. Karena itu, untuk menulis bagi pemula, perlu konsistensi yang tinggi.