Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Sebagian orang hanya tahu kalau media sosial dipergunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari berbagi pesan, berbagi konten hingga keperluan bisnis. Namun tidak banyak yang tahu apa pengertian dari sosial media. Banyak pengertian media sosial menurut para ahli yang bisa Anda pahami. Berikut ini merupakan inti dari pendapat para ahli mengenai sosmed.

  • M.L Kent (2013)

Media sosial adalah bentuk media komunikasi interaktif. Dalam media tersebut, memungkinkan untuk terjadi interaksi 2 arah dan bisa saling mengumpan balik.

  • Dave Kerpen (2011)

Media sosial adalah gambar, teks, video ataupun kaitan secara daring yang kemudian diabaikan ke orang-orang dan organisasi.

  • Chris Brogan (2010)

Sosial media adalah seperangkat alat komunikasi dan media untuk berkolaborasi yang memungkinkan untuk terjadinya berbagai interaksi yang sebelumnya tidak ada untuk orang awam.

  • Michael Cross (2013)

Media sosial adalah istilah untuk menggambarkan berbagai macam teknologi dengan tujuan untuk mengikat orang-orang agar berkolaborasi, saling berbagi informasi dan berinteraksi lewat pesan berbasis website.

Michael juga mengemukakan bahwa media sosial lebih hypernym dibandingkan dengan referensi khusus terhadap rancangan atau penggunaan. Hal tersebut disebabkan karena internet selalu mengalami perkembangan, seperti fitur.

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli dan Jenisnya
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli dan Jenisnya

Jenis Sosial Media

Dari pengertian sosial media menurut para ahli tersebut, diperoleh bahwa dalam medsos, tidak hanya berisi mengenai tulisan namun juga berbagai macam informasi. Karena hal tersebut, media sosial dibagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

  • Relationship Network

Relationship network adalah fase awal sosial media diperkenalkan ke public. Karena adanya informasi seperti foto, data diri, memungkinkan media sosial digunakan untuk memudahkan komunikasi. Beberapa contoh dari media sosial jenis relationship network adalah Facebook, LinkedIn.

  • Media Sharing Network

Jenis sosial media ini berguna untuk membagikan konten. Misalnya untuk berbagi cara membuat website dengan HTML. Beberapa contoh media sosial ini adalah Youtube, vimeo, vine, snapchat.

  • Online Review

Media sosial seperti TripAdvisor, memungkinkan orang lain untuk mendapatkan suatu informasi tentang hal tertentu. Misalnya hotel, makanan, restoran, ataupun yang lainnya.

  • Forum Diskusi

Jenis media sosial ini ada di awal-awal internet berkembang. Bahkan sebelum ada Facebook, orang cenderung saling berbagi informasi dengan menggunakan forum diskusi. Di media sosial ini, para anggota forum berbagi informasi seperti game, buku bahkan tentang masalah tertentu.

  • Social Publishing Platforms

Media sosial jenis ini memungkinkan artikel untuk bisa ditulis dan dibagikan ke sesama pengguna. Beberapa contohnya adalah blog dan microblog. Para penggunanya juga bisa berinteraksi secara real time misalnya twitter. Sedangkan tumblr ataupun medium termasuk interactive social publishing.

  • Bookmarking Site

Web service ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan konten dan menyimpannya di akun. Konten yang disimpan bisa berbagai macam misalnya gambar. Salah satu media sosial yang termasuk Bookmark sites adalah Pinterest.

  • Interest-based networks

Keunggulan dari jenis ini adalah menemukan atau mengumpulkan orang dengan minat yang sama. beberapa contoh media sosial tersebut adalah Google+, Facebook Groups.

  • e-commerce

media sosial ini memungkinkan Anda untuk berbelanja secara daring. Dengan begitu, baik penjual atau pembeli memiliki kemudahan untuk berjualan.

Itulah pengertian media sosial menurut para ahli dan jenis media sosial yang ada saat ini. Semoga menambah pengetahuan Anda ya.