Tips Foto Produk Makanan untuk Pemula

Tips Foto Produk Makanan untuk Pemula

Foto produk seperti makanan kini menjadi salah satu hal penting yang akan berpengaruh pada minat beli seseorang. Dalam pembuatannya, Anda perlu memperhatikan tips foto produk makanan berikut ini agar sebagai pemula, Anda tetap bisa menghasilkan foto yang ciamik.

  • Porsi Sedikit

Potret produk makanan tersebut dalam porsi yang sedikit. Kenapa? Hal tersebut dilakukan agar hasil foto terlihat lebih baik terlebih ketika Anda ingin memotret masalah detail. Anda juga bisa berkreasi misalnya menggunakan berbagai macam pelengkap tambahan seperti sendok dan garpu agar tidak terlalu memenuhi foto.

  • Konsep Sederhana

Anda tidak perlu memikirkan konsep rumit untuk foto produk Anda. bahkan Anda bisa menggunakan konsep sederhana dan memaksimalkan penggunaan alat makan yang ada di sekitar Anda.

Tips Foto Produk Makanan untuk Pemula
Tips Foto Produk Makanan untuk Pemula

Tips foto produk makanan dengan konsep yang sederhana ini, bahkan bisa Anda aplikasikan atau coba sendiri di rumah menggunakan peralatan seadanya. Anda hanya perlu menata dan mengatur agar makanan tersebut tetap menjadi fokus utama saat di foto.

  • Foto Selagi Panas

Untuk beberapa jenis makanan seperti sup, akan terlihat menarik saat difoto ketika uap panasnya masih ada. Dengan begitu, orang yang melihatnya akan merasakan panas dari makanan tersebut sehingga terlihat semakin menggoda untuk dicoba.

  • Gunakan Cahaya Alami

Tidak semua foto yang dihasilkan oleh penyedia jasa photo produk menggunakan cahaya dari lampu. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kesan yang alami terutama ketika foto tersebut diambil bersama dengan model. Misalnya saat sang model sedang akan makan.

Jadi, jika Anda ingin mencoba, Anda bisa memaksimalkan pencahayaan yang alami di rumah. Namun, pastikan pencahayaan tersebut tepat agar produk tersebut terlihat outstanding. JIka dari pencahayaan tersebut masih dirasa kurang, Anda bisa memberikan sentuhan akhir dengan editing agar warnanya lebih terlihat atau mencolok.

  • Angle Camera

Anda bisa bermain dengan angle. Baik sebagai pemula ataupun sebagai seorang profesional, Anda tetap harus memperhatikan di posisi mana foto makanan tersebut terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memotret, Anda bisa mencoba dan mengecek angle foto. Selain angle, perhatikan mengenai jarak pengambilan foto karena akan berpengaruh hasil foto yang Anda ambil terutama untuk detail.

  • Perhatikan Bahan Dasar

Jangan lupa memperhatikan bahan dasar dari makanan tersebut. ANda bisa menggunakan komposisi tersebut dalam foto sehingga orang yang melihat tahu, makanan tersebut terbuat dari komposisi apa saja.

  • Pengaturan Kamera

Anda memang bisa menggunakan pengaturan secara auto. Namun, ada baiknya jika Anda juga belajar untuk memaksimalkan pengaturan kamera, baik DSLR, mirrorless ataupun smartphone yang Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa membuat hasilnya menjadi lebih menarik.

Itulah beberapa tips foto produk makanan yang bisa Anda coba terutama untuk pemula. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa bermain sesuai dengan kreativitas Anda sendiri dan jangan ragu untuk mencoba hal yang baru ya.