Tips Menang Lomba Desain Logo : 3 Langkah Jadi Juara

Banyak yang membahas tips menang lomba desain logo dari berbagai sudut pandang. Sayangnya, tidak banyak yang berhasil membahas langkah-langkah spesifik, terutama pada tahap pembuatan desain. Padahal, di tahap inilah peserta kerap mengalami kesulitan. Dalam perlombaan, selalu ada kesulitan yang tidak terprediksi sebelumnya. Inilah yang kerap dialami para peserta dalam kompetisi pembuatan logo.

Kompetisi yang ketat memang mengharuskan peserta untuk berpikir kreatif dan inovatif. Di sisi lain, penyelenggara juga mencantumkan kriteria penilaian sebagai acuan bagi para peserta. Hal ini kerap membingungkan para peserta dalam memahami batas-batas ekspresi yang dikehendaki juri.

Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, kami berikan tips memenangkan kompetisi desain logo dalam 3 langkah.

 

3 Tips Menang Lomba Desain Logo

  • Lakukan Riset

Di tahap-tahap awal, mungkin Anda akan mengalami momen kehabisan ide dan kebuntuan inspirasi. Ini merupakan hal yang wajar, semua desainer pasti pernah mengalaminya. Hal ini bisa diatasi dengan tips menang lomba desain logo. Apalagi dengan suasana kompetisi yang membuat kita agak terburu- buru dalam mengejar deadline, berpikir tenang dan kreatif menjadi tantangan tersendiri.

Ada baiknya jika Anda melakukan riset untuk mendapatkan ide dan inspirasi dari sumber luar. Cobalah mencari contoh logo dengan tema yang sesuai dengan kriteria lomba. Jika lomba yang Anda ikuti pernah diselenggarakan di periode sebelumnya, Anda bisa melihat contoh logo para pemenang dan mempelajari seluruh aspeknya secara rinci. Lakukan dengan tenang dan jangan terburu-buru.

 

  • Coba Beberapa Konsep

Tips menang lomba desain logo yang sangat penting : jangan hanya terpaku pada satu konsep. Kami sarankan untuk membuat beberapa opsi desain sekaligus dengan berbagai variasi. Langkah ini bertujuan untuk membuka lebih banyak ide dan kemungkinan desain yang bisa Anda buat.

Setelah membuat beberapa konsep, pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan satu logo yang akan Anda kirim ke panitia. Variasi bisa dari segi warna, ukuran, penempatan, titik fokus, dan sebagainya. Cobalah kemungkinan sebanyak mungkin agar Anda mendapatkan hasil yang terbaik.

 

  • Minta Pendapat Orang Lain

Terkadang, karena terlalu asyik mendesain, penilaian kita menjadi kabur dan subjektif. Dalam tips menang lomba desain logo, kami sangat menyarankan untuk meminta pendapat dari orang lain. Bisa dari keluarga atau teman dekat, terutama yang memahami desain grafis atau melayani jasa pembuatan logo agar bisa memberikan penilaian secara akurat.

Penilaian memang selalu dipengaruhi unsur subjektivitas. Sekuat apa pun upaya dewan juri untuk berpikir objektif, hasilnya tetap berbeda antara juri satu dengan lainnya. Setidaknya, dengan meminta pendapat, Anda bisa menilai kualitas logo Anda dari kacamata orang lain.

 

Menang Lomba Desain Logo itu Tidak Sulit!

Jika Anda belum pernah memenangkan kompetisi, mungkin Anda akan merasa bahwa kemungkinan untuk menang sangat kecil. Anda juga berpikir bahwa para pemenang pasti memiliki kemampuan yang jauh di atas level Anda. Faktanya, anggapan ini biasanya keliru. Pemenang dibentuk dengan latihan dan pengalaman, dua faktor inilah yang membedakan kualitas para peserta. Gunakan tips menang lomba desain logo di atas untuk mematangkan hasil karya Anda dan memperbesar kemungkinan untuk menjadi juara.