Tips Menang Lomba Desain Logo : Rahasia Penilaian Juri

Tips menang lomba desain logo adalah salah satu topik yang paling banyak dicari. Banyaknya kompetisi desain logo dengan hadiah yang menggiurkan telah mengundang partisipan yang jumlahnya semakin besar. Peluang Anda untuk menang pun semakin kecil karena kompetitor Anda juga bertambah banyak.

Tapi jika Anda mengerti kriteria penilaian juri, memenangkan lomba desain logo bukanlah perkara sulit. Meskipun sudah dicantumkan di pengumuman lomba, juri tetap memiliki sisi subjektif dalam memberikan penilaian. Jika Anda bisa melihat segala sesuatunya dari kacamata seorang juri, maka Anda akan mengetahui logo seperti apa yang harus Anda buat.

Misalnya, logo untuk website yang menjelaskan manfaat dan cara cek backlink, tentu harus dibuat dengan mengacu pada manfaat yang ditawarkan website tersebut. Lebih jelasnya, simak di uraian berikut ini :

 

Tips Menang Lomba Desain Logo dengan Memukau Dewan Juri

  • Pahami Tema Logo

Tips menang lomba desain logo selalu dimulai dengan memahami tema logo yang harus dibuat. Logo adalah sebuah gambar kecil yang mencerminkan identitas dan aktivitas organisasi. Lebih dari itu, logo mengandung makna yang mampu menjelaskan visi-misi organisasi.

Inilah yang harus Anda pahami sejak awal. Logo yang Anda buat harus sejalan dengan tema yang ditentukan oleh dewan juri dan pihak penyelenggara. Tanpa memahami tema dan makna yang harus disampaikan, membuat logo yang relevan adalah hal yang mustahil.

 

  • Tonjolkan Ciri Khas

Dari sekian banyak peserta lomba, apa yang membuat logo Anda berbeda dari yang lain? Inilah yang dinamakan ciri khas. Poin ini juga sangat penting dalam tips menang lomba desain logo. Bayangkan jika Anda menjadi seorang juri dan harus menilai ratusan bahkan ribuan logo yang dikirimkan para peserta. Anda pasti memberikan nilai rata-rata pada peserta yang mengirimkan logo yang identik, atau dengan kata lain, tanpa ciri khas.

Jadi, pikirkan matang-matang tentang desain logo yang akan Anda buat. Akan sangat menguntungkan jika Anda bisa menebak logo macam apa yang akan dibuat oleh peserta lain. Ini akan memudahkan Anda untuk mencari celah dan menambahkan ciri khas yang membuat dewan juri memberikan perhatian dan penilaian lebih pada hasil karya Anda.

 

  • Jangan Ragu Berekspresi

Berpegang pada patokan dan prinsip teoretis memang penting dalam tips menang lomba desain logo. Tapi terlalu terpaku pada faktor-faktor teoretis juga bisa memberikan dampak buruk. Terkadang, kreativitas spontan justru sangat dibutuhkan oleh seorang desainer.

Jika dikaitkan dengan kompetisi desain logo, tidak ada salahnya jika Anda mencoba gaya-gaya baru ke logo yang Anda buat. Selama hal ini tidak menyalahi aturan atau menyimpang dari kriteria yang tercantum, Anda bisa lebih bebas berekspresi dengan bentuk dan konsep logo yang berbeda. Bahkan, jika dilakukan dengan terampil, langkah ini bisa memenangkan Anda dari para kompetitor.

 

Pengalaman Sangat Penting dalam Lomba Desain Logo

Keahlian dibentuk dari latihan dan pengalaman. Hal yang sama juga berlaku dalam desain grafis. Semakin banyak project yang Anda kerjakan, semakin sering Anda berpartisipasi dalam kompetisi, semakin matang pula keahlian Anda dalam membuat logo. Dari sini, kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengalaman adalah faktor yang sangat penting dan dominan dalam tips menang lomba desain logo.