Tips Penggunaan dan Aplikasi Chain Hoist Untuk Keselamatan dan Keamanan Operasi

Electric Chain Hoist banyak diaplikasikan untuk memasang peralatan, mengangkat material, tambang dan bangunan konstruksi. Alat ini sangat aman digunakan dan hemat biaya. Menawarkan banyak keuntungan seperti volumenya kecil, memiliki tingkat efisiensi tinggi, ringan dan berukuran kecil.

Seperti kita ketahui bahwa hoist adalah jenis mesin pengangkat sehingga pengoperasian yang aman sangat penting diterapkan selama pekerjaan pengangkatan. Jadi sangat penting mengetahui cara menggunakan electric hoist yang aman.

Persiapan Sebelum Penggunaan Chain Hoist

Sumber : Megajaya.co.id

Demi keamanan pekerjaan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum alat ini digunakan, sebagai berikut :

  1. Sebelum mengoperasikan alat, operator harus mengikuti training profesional dan lulus uji penilaian terlebih dahulu.
  2.   Sebelum memakai hoist, lakukan pengecekan dengan teliti seperti cek bagian pengaitnya, pemasangan hanging point, link, dan perangkat lainnya. Sesudah memastikan semua perangkat dalam kondisi yang baik maka operator bisa menggunakan hoist.

Cara Mengoperasikan Chain Hoist

  • Sambungkan control power atau daya kontrol.
  • Lakukan operasi percobaan terlebih dahulu sebelum alat digunakan untuk mengangkat beban.

Tindakan Pencegahaan Selama Operasi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Yaitu berikut ini :

  1. Pastikan beban angkat memiliki bobot yang tidak melebihi bobot hoist yang telah ditentukan.
  2. Larang orang untuk berjalan atau berdiri di bawah hoist selama operasi.
  3. Jangan kelebihan beban.
  4. Pastikan beban yang diangkat harus dilengkapi oleh perangkat perlindungan keselamatan.
  5. Lifting chain harus digantung dan digunakan dalam kondisi lurus. Double chain tidak dapat dipelintir. Jika ada bagian yang mengalami karat maka rantai tidak bisa digunakan kembali.
  6. Patuhi peraturan operasi keselamatan. Sebaiknya jangan gunakan hoist untuk mengangkat bahan yang mudah meledak, terbakar, dan korosif.
  7. Selama pengangkatan, pengait tidak dapat menyentuh badan hoist.

Cara Menghentikan Operasi

  1. Setelah diangkat, stirring motor atau motor pengaduk tidak boleh digantung lama dan harus diletakkan pada rangka penyangga.
  2. Sesudah berhenti segera cabut steker listrik.

Penting sekali melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan harian secara rutin pada hoist. Hal tersebut dapat membantu menemukan adanya bagian yang bermasalah pada hoist seperti terjadinya deformasi, pengelasan link atau tautan yang terbuka. Jika Anda menemukan ada masalah segera laporkan dan selesaikan tepat waktu.

Tips Operasi Keselamatan

  1. Saat mengangkat tidak boleh ada orang yang berdiri di bawah atau di sekitar barang pengangkat untuk menghindari terjadinya cedera pribadi.
  2. Mesin harus disimpan dengan baik dan jangan pernah meletakkannya di sembarang tempat. Selain itu, hindari penyimpanan di area yang lembab dan rentan terjadi korosi. Jika ada retakan yang terjadi pada bodi hoist sebaiknya jangan digunakan kembali.
  3. Jika terdengar suara yang tidak biasa berarti kecepatannya menjadi lebih tinggi dan operasi mesin tidak terkendali maka sebaiknya hentikan segera penggunaan host.
  4. Suplai tegangan tidak boleh lebih rendah dari 90% pada tegangan awal.

Megajaya.co.id menjual chain hoist untuk kebutuhan industri Anda. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan jika membeli produk di Megajaya, diantaranya produk berkualitas, harga kompetitif, layanan pra jual memuaskan dan adanya garansi. Langsung cek disini untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang hoist yang Anda butuhkan!