5 Tips Cara Memulai Bisnis Makanan Online

5 Tips Cara Memulai Bisnis Makanan Online

Dengan banyak orang sekarang memilih untuk dapatkan layanan pengiriman makanan agar tetap aman di rumah, memulai bisnis makanan online adalah cara yang bagus untuk dapatkan penghasilan tambahan hari ini. Sekarang social media siap membantu Anda dan hamper semua orang telah beralih ke kemudahan membeli makanan secara online, mengubah hasrat Anda untuk memasak atau membuat kue menjadi bisnis sampingan online jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Selain itu, di masa yang tidak pasti ini, memiliki banyak sumber pendapatan tentunya tidak ada salahnya.

Untuk membantu Anda, saya telah membuat daftar tips tentang cara memulai bisnis makanan online.

  1. Temukan Niche Anda

Cara memulai bisnis makanan online pastinya memiliki persaingan sangat ketat saat ini. Sebelum meluncurkan bisnis makanan Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut: makanan apa yang ini saya jual? Apa yang membuat makanan saya berbeda dari yang lain? Terlepas dari jenis makanan yang Anda rencanakan untuk dibuat – apakah itu roti, kue kering, atau makanan siap saji – Anda harus menetapkan nilai jual unik Anda dan menemukan pasar Anda. Perlu diingat bahwa selain kenyamanannya, orang juga membeli makanan secara online untuk mencoba pengalaman makanan baru.

  1. Lakukan Riset Terhadap Tren Makanan Saat Ini

Setelah Anda tentukan makanan apa yang ingin Anda jual, langkah Anda selanjutnya adalah meneliti konsep makanan apa yang saat ini paling banyak dijual di pasar. Luangkan waktu untuk meneliti tentang tren makanan dan profitabilitasnya. Maju ke hal besar berikutnya dalam industry makanan & minuman untuk meniikmati produk baru dan menjadi salah satu yang pertama memperkenalkan produk ini di pasar

  1. Investasikan ke Kemasan & Label Produk

Kemasan makanan Anda sangat penting, begitu juga pelabelan. Anda berada di era dimana semua orang menghargai tempat dan hal-hal yang layak untuk Instagram, lebih baik investasi dalam pelabelan dan pengemasan produk yang bagus, pasti akan meninggalkan kesan pada pelanggan Anda. Pastikan untuk memilih nama merek yang cerdas namun pendek.

  1. Bangun Kehadiran Anda di Social Media dengan Kuat

Cara memulai bisnis makanan online pasti tidak jauh dengan promosikannya lewat social media yang merupakan platform visual. Selain membuat halaman di Facebook dan Instagram, Anda dapat meningkatkan kehadiran social media Anda dengan memposting foto makanan Anda yang kreatif dan menggugah selera. Berbagi cerita di balik setiap produk juga merupakan cara lain untuk memikat audiens Anda.

  1. Gunakan Testimonial untuk Tingkatkan Jualan Online Anda

Jangan pernah remehkan kekuatan promosi dari mulut ke mulut dalam hal mempromosikan bisnis Anda. Faktanya: saat Anda berbelanja perangkat secara online, Anda cenderung beli dari toko yang menerima banyak ulasan daripada dari toko yang tidak memiliki sama sekali.

Kasus yang sama berlaku untuk cara memulaii bisnis makanan online Anda. Setelah Anda mulai menjual produk, upayakan untuk meminta masukan atau ulasan dengan sopan dari pelanggan Anda, lalu tanyakan apakah Anda dapat membagikan masukan mereka halaman Anda. Lakukan screenshot testimonial dari pelanggan yang puas akan membantu orang lain mengetahui lebih banyak tentang merek Anda dan memikat mereka untuk mencoba produk Anda.

Jika tanggapannya tidak begitu positif? Jangan berkecil hati! Jangan tersinggung. Memahami dari mana mereka berasal karena Anda dapat pelajari satu atau dua hal dari pemikiran mereka dan gunakannya untuk tingkatkan kualitas bisnis Anda.